9 Tanda Kanker Paru pada Wanita, Penyakit Istri Indro Warkop

Mie Ayam Jamur Legendaris

Mendiang Nita Octobijanthy, istri aktor Indro “Warkop” meninggal pada Selasa malam (09/10/2018). Almarhum akhirnya meninggal setelah berjuang dengan kanker paru-paru. Meskipun kanker paru menyerang pria lebih sering, penyakit ini juga bisa terjadi pada wanita. Namun, gejala dan tanda kanker paru pada wanita berbeda dengan pria. Mengenali karakteristik kanker paru pada wanita sejak dini dapat membantu pengobatan dan mencegah penyebaran sel kanker ke organ lain.

Mengapa wanita bisa terkena kanker paru-paru?
Sebenarnya itu sama seperti pada pria, merokok juga merupakan salah satu penyebab utama kanker paru pada wanita. Namun, sejumlah laporan mengatakan bahwa sekitar 20 persen wanita yang menderita kanker paru-paru tidak pernah merokok sama sekali. Jadi, sebenarnya siapa pun dapat mengalami jenis kanker ini, terlepas dari jenis kelamin dan kebiasaan merokok.

Menurut Cancer Research di Inggris, perokok pasif, mereka yang sering menghirup asap rokok meskipun mereka tidak merokok sendiri, jauh lebih berisiko terkena kanker paru-paru daripada mereka yang tidak pernah atau jarang terkena asap rokok. Alasannya adalah asap rokok yang dihembuskan oleh perokok dan asap dari ujung rokok masih mengandung racun dan zat berbahaya.

Itulah salah satu alasan mengapa wanita yang tidak merokok masih bisa terkena kanker paru-paru. Namun, perlu dicatat bahwa faktor lain mungkin memainkan peran. Misalnya faktor genetik (keturunan) dan kelainan pada paru-paru.

Apa saja gejala kanker paru pada wanita?
Dilaporkan oleh Kompas.com, almarhum Nita Octobijanthy telah menerima vonis kanker sejak Agustus 2017. Sayangnya, ketika seorang dokter didiagnosis, penyakitnya cukup parah. Ini karena gejala kanker paru pada wanita terkadang sulit dideteksi sejak dini. Selain itu, karena selama ini kanker paru-paru lebih banyak dikaitkan dengan pria, dunia medis dan orang awam lebih terfokus pada tanda-tanda pada pria. Padahal, kanker paru pada wanita bisa jadi gejala berbeda.

Pada pria, tanda utama kanker paru biasanya dimulai dengan batuk yang tidak sembuh. Sedangkan pada wanita, keluhan yang pertama kali dirasakan biasanya tidak batuk, tetapi mudah disia-siakan.

Wanita dengan kanker paru stadium awal mungkin merasa sesak dan tubuh menjadi mudah lelah. Kadang-kadang, kondisi ini disalahartikan sebagai gejala kurangnya olahraga atau kegemukan. Akibatnya, dalam kebanyakan kasus kanker paru pada wanita baru akan terdeteksi ketika sel kanker telah menyebar ke organ lain.

Selain dua karakteristik kanker paru pada wanita, juga perhatikan karakteristik lain dari kanker paru pada wanita seperti:

batuk
muntah darah
sering mendapat infeksi pernafasan
berat badan turun drastis
mengi (nafas bernada rendah seolah berkata)
sakit dada
suara serak
Jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami gejala kanker paru-paru yang disebutkan di atas, segera periksa ke dokter. Anda mungkin membutuhkan pendapat kedua atau pendapat lain dari dokter yang berbeda. Dokter juga akan menjalankan sejumlah tes untuk memastikan diagnosis.

Tags:

Comments are closed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *