Benarkah minum air bawang merah bisa meredakan gejala asma?

Mie Ayam Mahmud Legendaris

Asma tidak bisa disembuhkan. Namun, ada banyak cara alami yang diyakini efektif dalam meredakan serangan asma. Salah satu yang paling populer digunakan selama beberapa generasi oleh orang Indonesia adalah minum air bawang merah. Memang, apa yang dunia medis katakan tentang manfaat bawang merah untuk asma? Apakah benar-benar efektif atau hanya saran?

Kupas secara menyeluruh manfaat bawang merah untuk asma
Gejala asma muncul ketika saluran udara (bronkus) mengalami peradangan. Peradangan membuat saluran membesar dan menyempit. Ketika saluran udara tersumbat, Anda akan mengalami kesulitan bernapas karena hanya ada sedikit sekali udara yang dapat masuk ke paru-paru. Jadi, apa peran bawang dalam pengobatan asma?

Bawang merah dapat digunakan sebagai alternatif untuk cara alami selain menggunakan obat dokter untuk membantu mengendalikan risiko kambuhnya serangan asma. Pasalnya, bawang merah diketahui mengandung antioksidan tinggi, yang termasuk vitamin C, sulfur, quercetin dan anthocyanin cyanidin.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences menyatakan bahwa semua jenis antioksidan ini bekerja sama untuk mengurangi efek peradangan dalam tubuh, yang dapat melebarkan bronkus.

Selain itu, sifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri dan antivirus bawang merah juga ditemukan untuk membantu sistem kekebalan bekerja lebih efisien untuk melawan infeksi yang berkaitan dengan masalah paru-paru dan pernapasan.

Salah satu jenis senyawa anti-inflamasi terbaik yang juga ditemukan dalam bawang, yaitu thiosulphinate, bahkan dilaporkan sangat efektif dalam mengurangi peradangan di saluran pernapasan karena serangan asma.

Bagaimana Anda menggunakan bawang merah untuk asma?
Tertarik menggunakan bawang merah tetapi khawatir tentang bau bawang yang menyengat? Untuk mendapatkan manfaat bawang merah untuk asma, Anda hanya perlu minum air matang, yang tentu saja sudah dicampur dengan bahan alami sehat lainnya agar lebih mudah dikonsumsi.

Siapkan bahan-bahan seperti:

Bawang merah secukupnya
6-8 sendok makan madu
300-350 gram gula cokelat
2 lemon
5-6 gelas air matang
Maka, inilah cara membuat air bawang merah untuk asma:

Panaskan gula merah dalam panci menggunakan api sedang.
Tambahkan bawang cincang halus, lalu aduk hingga tercampur rata.
Tambahkan air matang, lalu rebus sampai airnya sedikit berkurang.
Setelah semua bahan direbus, matikan api dan biarkan agak dingin.
Tambahkan jus lemon dan madu.
Simpan solusinya dalam botol kaca.
Anda bisa meminumnya sebelum makan atau ketika gejala asma akan kambuh.

Aturan untuk minum: satu sendok makan penuh untuk orang dewasa, sementara satu sendok teh untuk anak-anak.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa meskipun bawang dianggap cukup efektif untuk mengatasi gejala asma, bawang tidak dapat digunakan sebagai obat independen untuk menyembuhkan asma. Anda masih perlu konsultasi dan mendapatkan perawatan dari dokter, seperti inhaler, bronkodilator, atau obat minum.

Selain minum air bawang merah, jagalah gaya hidup sehat Anda

Asma adalah penyakit berulang yang tidak dapat disembuhkan. Jadi selain perawatan dari dokter dan berbagai cara alami seperti minum air bawang, Anda juga perlu menyesuaikan gaya hidup harian Anda untuk mencegah risiko serangan asma.

Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menghindari berbagai pemicu asma, seperti polusi asap dan debu, cuaca yang drastis atau perubahan suhu, stres yang berlebihan, hingga makanan atau minuman tertentu. Setiap orang memiliki pemicu mereka, jadi penting untuk mengetahui hal-hal yang secara khusus memicu asma Anda.

Olahraga juga bisa menjadi pengobatan untuk mengendalikan serangan asma karena memperkuat fungsi jantung dan paru-paru. Konsultasikan dengan dokter Anda lebih lanjut tentang cara berolahraga yang aman bagi penderita asma.

Akhirnya, jangan lupa untuk secara teratur memeriksa fungsi paru-paru secara teratur dengan menggunakan pengukur aliran puncak. Pemeriksaan ini juga bertujuan mendeteksi sedini mungkin masalah di saluran pernafasan sebelum gejala serangan asma.

Tags:

Comments are closed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *